cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN)
ISSN : 24600741     EISSN : 25489364     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) merupakan peer reviewed journal di bidang informatika. Jurnal ini diterbitkan 3 bulan dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1" : 16 Documents clear
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wilayah Prioritas Intervensi Kegiatan Keluarga Berencana dengan Metode AHP-SMART Yusnitha, Karmila; Tursina, Tursina; Irwansyah, Muhammad Azhar
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.497 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.31338

Abstract

Keluarga Berencana merupakan tindakan yang membantu individu atau pasangan suami istri untuk mendapatkan objek tertentu yang dijalankan oleh BKKBN. Dalam mencari wilayah yang kurang dalam penggunaannya, dilakukan intervensi kegiatan Keluarga Berencana. Intervensi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana untuk mengubah keadaan seseorang, kelompok orang atau masyarakat yang menuju kepada perbaikan atau mencegah memburuknya suatu keadaan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk memilih wilayah prioritas intervensi kegiatan Keluarga Berencana yang meliputi permasalahan seperti proses pemilihan yang memakan waktu lama dan memungkinkan terjadinya kesalahan manusia. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode AHP-SMART karena metode AHP dapat menentukan apakah terdapat ketidak konsistenan dan metode SMART digunakan karena dapat menyelesaikan masalah pendukung keputusan dengan multikriteria. Hasil dari aplikasi ini adalah urutan nilai prefensi dari nilai terbesar hingga terkecil berdasarkan alternatif yang menjadi pilihan. Secara keseluruhan dari hasil pengujian akurasi dan wawancara, SPK dapat membantu proses pengambilan keputusan dan mengatasi permasalahan pada BKKBN dalam menentukan wilayah intervensi kegiatan Keluarga Berencana.
Aplikasi Pemilihan Resep Masakan Berdasarkan Ketersediaan Bahan Masakan dengan Metode Simple Matching Coefficient (SMC) Sari, Ramadhaniati; Tursina, Tursina; Sukamto, Anggi Srimurdianti
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1138.508 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.31341

Abstract

Resep masakan dibutuhkan sebagai suatu sarana yang dapat menuntun pada saat mempersiapkan bahan-bahan masakan, cara pembuatan serta cara penyajian agar menghasilkan masakan dengan citra rasa yang lezat, nikmat, dan menarik. Sering kali seorang pengolah makanan seperti ibu rumah tangga yang mencari resep memiliki kesulitan untuk menentukan menu apa yang akan dimasak dengan bahan masakan yang tersedia di dapur. Oleh karena itu, dibangun aplikasi berbasis website untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pemilihan resep masakan berdasarkan bahan masakan yang tersedia di dapur pengguna. Banyaknya jumlah data resep masakan yang bervariasi, yang didapat dari berbagai sumber buku resep masakan dan situs di internet, maka memungkinkan untuk menerapkan penalaran berbasis kasus atau yang dikenal dengan Case-Based Reasoning (CBR).  Case-Based Reasoning (CBR) merupakan penalaran yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan baru dengan cara mengadaptasi solusi-solusi yang terdapat pada kasus-kasus sebelumnya yang mempunyai permasalahan yang mirip dengan kasus yang baru. Dalam penelitian ini , peneliti menggunakan metode Simple Matching Coefficient (SMC) untuk menghitung kemiripan (similaritas). Aplikasi ini memberikan rekomendasi resep masakan apa saja yang dapat dibuat dengan meng-input-kan bahan-bahan masakan yang tersedia dan aplikasi ini juga memberikan resep lengkapnya beserta langkah-langkah memasak. Pengujian pada hasil akhir sistem menggunakan pengujian tahapan CBR, pengujian metode Simple Matching Coefficient (SMC) dan pengujian kuesioner dengan perhitungan metode Likert’s Summated Rating (LSR). Berdasarkan hasil pengujian metode Simple Matching Coefficient (SMC) dengan menggunakan 20 kasus uji, 16 kasus memiliki kesesuaian hasil dengan persentase keberhasilan sistem sebesar 80% sehingga sistem ini dapat memberikan rekomendasi resep masakan terbaik. Pada hasil pengujian dengan metode LSR menunjukkan skor 1343 yang artinya, hasil pengujian kuesioner menandakan responden menilai aplikasi sangat positif dan dinilai berhasil.
Review Tools Web Browser Forensics untuk Mendukung Pencarian Bukti Digital Sidiq, Muhammad Fajar; Faiz, Muhammad Nur
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.154 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.31430

Abstract

Perkembangan penggunaan internet yang semakin banyak setiap tahunnya mengakibatkan penggunaan web browser juga meningkat. Hal ini berdampak pada kejahatan dengan menggunakan web browser juga meningkat seperti penyalahgunaan email, hoax, hate speech, penipuan dan lainnya. Penelitian ini menunjukkan pentingnya mengenali aktivitas penggunaan web browser dari sisi korban dan pelaku. Penggunaan web browser ini akan menentukan pola atau alur kejahatan pada suatu insiden kejahatan. Hal ini akan membantu penyidik dalam menganalisis bukti digital secara cepat dan dapat mengungkap jenis kejahatan yang terjadi secara baik. Bukti digital yang dianalisis seperti akun, kata kunci pencarian, kunjungan web, dan lainnya. Penelitian ini memberikan penjelasan lokasi penyimpanan bukti digital, format waktu yang digunakan dan 10 tools yang digunakan penyidik dalam mengungkap kejahatan dengan media web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari dan Opera.
Analisis Penggunaan Sensor Kamera 3 Dimensi Kinect sebagai Media Pembelajaran Perkuliahan berbasis Student Centered Learning Husodo, Ario Yudo; Bimantoro, Fitri; Arimbawa, I Wayan Agus; Afwani, Royana
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (964.367 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.29893

Abstract

Saat ini, kegiatan belajar mengajar di berbagai universitas di Indonesia umumnya dilakukan menggunakan laptop yang terhubung ke sebuah proyektor. Di dalam proses pengajaran, dosen cenderung menggunakan laptop di ruang kelas, menghubungkan tampilan layar laptop ke sebuah proyektor, kemudian menggunakan wireless pointer sebagai pengendali slide presentasi. Pendekatan semacam ini sayangnya tergolong kurang efektif di dalam perkuliahan berbasis Student Centered Learning (SCL). Di dalam SCL, mahasiswa merupakan pusat kegiatan perkuliahan, dimana keterlibatan dan interaksi mahasiswa di dalam proses penyampaian materi merupakan hal terpenting guna meningkatkan animo dan pemahaman mahasiswa mempelajari suatu topik. Penggunaan teknologi perkuliahan konvensional seperti laptop dan wireless pointer cenderung membuat perkuliahan menjadi 1 arah karena interaksi mahasiswa kurang dapat tersalurkan. Di dalam penelitian ini, dilakukan analisis dampak penggunaan teknologi informasi sensor kamera 3 dimensi Kinect sebagai media pembelajaran dalam suatu sistem Smart Classroom. Kinect merupakan sensor yang dapat menangkap gerakan tangan seseorang kemudian menginterpretasikan gerakan tersebut sebagai suatu perintah komputasi berdasarkan algoritma pemrograman tertentu. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan Kinect terbukti dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran SCL dan antusiasme belajar mahasiswa karena mahasiswa dapat berinteraksi di dalam suatu materi perkuliahan secara lebih alami menggunakan gerakan tangan.
JSON Web Token (JWT) untuk Authentication pada Interoperabilitas Arsitektur berbasis RESTful Web Service Gunawan, Rohmat; Rahmatulloh, Alam
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (869.47 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.27232

Abstract

Permasalahan donor darah merupakan masalah disetiap negara, termasuk di Indonesia. Walaupun sudah ada sistem di Palang Merah Indonesia (PMI) namun belum bisa mengatasi permasalahan pencarian maupun distribusi donor darah. Sesuai trend sekarang di jaman gadget yaitu maraknya penggunaan Android, maka untuk mengatasi masalah ini diperlukan aplikasi berbasis Android. Sementara untuk integrasi dengan sistem yang sudah ada diperlukan web service sebagai backend system sehingga layanan donor darah dapat diakses oleh berbagai platform. Arsitektur yang digunakan pada web service menggunakan REST, namun masih ada beberapa masalah pada REST yaitu mengenai keamanan pada proses otentikasi. Pada arsitektur REST diperlukan metode otentikasi yang tidak bernegara (stateless), salah satunya dapat menggunakan JSON Web Token. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan JSON Web Token Authentication pada Web Service and Backend System Blood Donors dapat membentuk sistem yang sangat skalabel, aman, mampu berinteraksi multi-platform serta dapat diandalkan.
Analisis Pengaruh Banyak Orde pada Metode Multivariate High-Order Fuzzy Time Series untuk Prediksi Duga Muka Air Waduk Kartini, Dwi; Rusdiani, Husna; Farmadi, Andi
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.66 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.27265

Abstract

Duga Muka Air (DMA) merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi PLTA dalam melakukan pembangkitan listrik, sehingga DMA harus dikontrol sebaik mungkin agar tidak mengalami degradasi berlebihan. Untuk membantu mengontrol degradasi dan luapan DMA yang berlebihan, maka perlu dilakukan prediksi DMA agar dapat mempermudah pihak PLTA dalam melakukan pengontrolan tinggi DMA. Duga Muka Air PLTA dipengaruhi oleh dua buah faktor, yakni inflow dan outflow air waduk. Pada penelitian ini, dilakukan prediksi Duga Muka Air dengan menggunakan metode Multivariate High-Order Fuzzy Time Series. Penelitian ini menggunakan data harian DMA, Inflow, dan Outflow air waduk, dimana DMA menjadi faktor utama dan Inflow dan Outflow menjadi faktor pendukung. Multivariate High-Order Fuzzy Time Series merupakan salah satu pengembangan dari metode fuzzy time series yang dapat digunakan untuk melakukan peramalan dengan menggunakan data kurun waktu. Berdasarkan penelitian ini, didapatkan bahwa prediksi DMA dengan menggunakan metode Multivariate High-Order Fuzzy Time Series memiliki nilai MAPE yang rendah, dimana nilai MAPE terbaik didapat pada saat pengujian dengan menggunakan rentang waktu tiga bulan dengan nilai MAPE untuk orde 1 hingga 5 secara berturut-turut adalah 0.06169%, 0.02535%, 0.018%, 0.01598%, dan 0.01598%. Pada metode multivariate high order fuzzy time series, didapatkan bahwa faktor pendukung dan banyaknya orde dapat membantu meningkatkan keakuratan prediksi. Kata kunci— Time Series, PLTA, Duga Muka Air, Fuzzy Time Series, Multivariate High-Order Fuzzy Time Series
Implementasi Raspberry Pi 3 pada Sistem Pengontrol Lampu berbasis Raspbian Jessie Novrianda Dasmen, Rahmat; ., Rasmila
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.056 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.29720

Abstract

Pada penelitian sebelumnya telah dihasilkan sistem pengontrol lampu menggunakan SMS gateway dengan bantuan perangkat mikrokontroler. Hal tersebut memberikan kemudahan manusia terhadap pengontrolan on/off lampu rumah, sehingga tidak perlu lagi repot untuk menekan saklar lampu yang berada di dinding rumah. Seiring dengan perkembangan teknologi, telah berkembang juga perangkat pengontrol, yaitu Raspberry Pi 3 yang juga sering disebut sebagai mini Personal Computer (PC). Pada penelitian ini digunakan perangkat Raspberry Pi 3 untuk menerapkan Sistem Operasi Raspbian Jessie pada sistem pengontrol lampu serta menggunakan metode action research dalam memperoleh hasil penelitian sesuai dengan tujuan. Selain itu, dibutuhkan juga bahasa pemrograman phyton untuk dapat menjalankan user interface sistem pengontrol lampu berbasis Raspberry Pi 3. Pada pengujian sistem pengontrol lampu, digunakan lampu pijar senter dengan model fitting E10 dan lampu pijar rumah dengan model fitting E27. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Raspberry Pi 3 dengan Raspbian Jessie dibantu dengan perangkat modul relay dapat digunakan untuk mengontrol on/off lampu pijar rumah (model fitting E27) dengan mudah dan baik menggunakan user interface berbasis web. 
Pemetaan Sebaran Data Buta Aksara dengan Sistem Informasi Geografis dan Database Engine Imansyah, Fitri
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1145.939 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.31451

Abstract

Strategi pelaksanaan penuntasan buta aksara mengacu pada tiga pilar strategis dan program terkait: Pemerataan dan perluasan layanan pendidikan keaksaraan, peningkatan mutu dan relevansi program keaksaraan, penguatan tata kelola dan akuntabilitas. Dalam rangka membantu untuk merencanakan pengeleloaan di bidang pendidikan khususnya pemberantasan buta aksara, dipandang perlu memanfaatkan sistem informasi geografis (SIG). Untuk membangun SIG diperlukan data utama yaitu data spasial (peta) dan data atribut (statistik). Kedua jenis data harus tersedia secara bersama-sama untuk memberikan informasi yang akurat. Masalah yang muncul bagaimana mentransformasikan kondisi real (real world) ke domain SIG, bagaimana manajemen datanya, dan bagaimana membangun aplikasi SIG yang bermanfaat sebagai salah satu unsur penunjang dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu pemetaan masyarakat buta aksara beserta data yang mendukung sebagai rumusan kebijakan yang diharapkan dapat menjadi landasan dalam upaya menekan jumlah masyarakat buta aksara,  memberikan gambaran situasi dan kondisi existing keaksaraan, dan tersusunnya data spasial sebaran masyarakat buta aksara by-name, by-address dan by-pfotoyang dapat di-update sesuai perkembangannya di wilayah Kalimantan Barat.
Peramalan Data Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia menggunakan Fuzzy Time Series Thira, Indra Jiwana; Mayangky, Nissa Almira; Kholifah, Desiana Nur; Balla, Imanuel; Gata, Windu
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.843 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.31074

Abstract

Wisatawan mancanegara memegang peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata. Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara perlu dilakukan pembangunan yang berkelanjutan pada sektor pariwisata. Pembangunan yang dilakukan harus sejalan dengan tren pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara agar pembangunan tepat sasaran, efektif dan efisien. penelitian ini bertujuan untuk meramalkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia menggunakan metode Fuzzy Time Series. Data historis yang digunakan adalah data kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia periode Januari Tahun 2013 sampai dengan Desember Tahun 2017 dari Badan Pusat Statistik (BPS). Implementasi Fuzzy Time Series pada data historis menghasilkan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 4,42 % dengan tingkat kesalahan tertinggi sebesar sebesar 18,05% pada Januari 2014 dan kesalahan terendah sebesar 0,04% pada Mei 2017. Hasil tersebut menunjukan bahwa penggunakan Fuzzy Time Series pada peramalan data kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia memiliki hasil yang sangat baik.
Penerapan Finite State Machine pada Battle Game Berbasis Augmented Reality Hidayat, Eka Wahyu; Rachman, Andi Nur; Azim, Muhammad Fauzan
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1335.748 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.29848

Abstract

Studi penelitian ini membuat game android berbasis Augmented Reality (AR) dengan menerapkan Finite State Machine (FSM) untuk pergerakan Non Player Character (NPC). Game sejenis ini contohnya adalah game Aster Battle yang didapat sebagai hadiah dari sebuah produk makanan. Pada game tersebut ditemukan masalah dimana karakter tidak memiliki kecerdasan untuk melakukan aksi pertarungan. Permasalahan lainnya adalah hasil scan marker menampilkan karakter yang tidak sesuai markernya dan pergerakan animasi pertarungan terlalu cepat. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dibuat battle game sejenis dengan karakter dan konsep yang berbeda dengan menambahkan kecerdasan buatan agar animasi pertarungan menjadi lebih terkontrol. Di dalam penelitian ini menerapkan sistem kecerdasan buatan yaitu Finite State Machine (FSM) sebagai strategi untuk menentukan action animation prediction. Penelitian ini berhasil membuat battle game dengan pendekatan metode versi Luther. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, dari hasil pengujian alpha secara fungsional sudah sesuai dan dari pengujian beta yaitu User Acceptance Test (UAT) didapat nilai sebesar 71% yang berarti game yang dibangun dengan menerapkan Finite State Machine dinyatakan layak untuk digunakan dengan interpretasi Baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 16